AJANG UJUK HASIL KARYA UNIT PRODUKSI – JASA

DAN UNJUK KOMPETENSI SISWA

SMK BINAAN LP  MAARIF NU CABANG PONOROGO

Rangkaian Kegitan Hari Santri Tahun 2022 PC NU Ponorogo, salah satunya adalah MSC (Ma’arif Scout Competition) Tahun 2022, yang diselenggarak oleh LP Mar’arif NU Cabang Ponorogo.

Ma’arif Scout Competition (MSC) ini sejatinya adalah agenda kegiatan rutin  tahunan yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo.  Tujuannya untuk mengasah, meningkatkan kualitas pramuka yang cerdas, tangkas dan berbudaya akhlaqul karimah di masing-masing satuan pendidikan di bawah naungan  LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo, dari tinggat pendidikan dasar sampai pendidikan menengah”, papar Ustadz Asaduddin Luqman, M.Pd.I , Ketua LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo.

MSC Tahun 2022 ini terasa spesial, dikarenakan ini merupakan momen kegiatan out door pertama yang diijinkan dan melibatkan banyak perserta, setelah dua tahun kegiatan ini vakum akibat pandemi Covid-19. Selain itu, pada event ini diadakan Pameran Pendidikan SMK di bawah binaan LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo”, imbuh beliau.

Pada gelaran MSC Tahun 2022 kali ini, Bupati Ponorogo, H.Sugiri Sancoko, S.E., M.M berkenan hadir menjadi Pembina Apel Pembukaan MSC Tahun 2022. Dengan mengenakan pakaian full-dress warna hitam, Kang Bupati –biasa beliau sering disapa- , berpesan kepada seluruh peserta agar tetap semangat, bersaing dan berkompetisi secara sehat dan tetap mengedepankan akhlaqul karimah, yang menjadi ciri khas seorang santri, sehingga tujuan kegiatan yakni menjadikan pramuka santri yang cerdas, tangkas, berdaya menjaga martabat kemanusiaan akan terwujud. Pada kesempatan itu pula, Kang Bupati memberikan apresiasi kepada PC NU Ponorogo yang dalam hal ini LP Ma’arif  NU berserta jajarannya, yang telah sukses dan  meriah menyelenggarakan MSC Tahun 2022. Haparan besar  juga disampaikan Kang Bupati kepada Gus Luqman –demikian Ketua LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo sering disapa-, dengan potensi warga nahdliyin yang begitu besar, dapat berperan lebih aktif dalam memajukan pendidikan di Ponorogo.

Setelah apel dan sesi poto bersama pengurus dan undangan MSC Tahun 2022, dengan didampingi oleh Drs. KH. Fatchul Aziz, MA, Ketua Tanfidziah PCNU Ponorogo , Ketua LP Ma’arif NU Ponorog beserta tamu undangan,  Kang Bupati berkenan keliling meninjau stand pameran Hasil Karya Unit Produksi- Jasa dan Unjuk Kompetensi Siswa SMK”, ujar sahabat Muhibuddin koordinator pelakasana MSC Tahun 2022.

Alhamdulliah, Kami berkesempatan mempresenstasikan produk hasil karya Unit Produksi dan Jasa (UPJ) SMK Wahid Hasyim Ponorogo, kepada hadirin saat sesi peninjauan ke stand pameran pendidikan, utamanya kepada Bupati Ponorogo”, kata Kepala SMK Wahid Hasyim Ponorogo, Imron Husnussairi, S.T.

Kami mempresentasikan, empat produk UPJ, yakni, Batik Tulis, Sabun dari bahan limbah minyak goreng, produk las berupa meubeler meja-kursi belajar dan dudukan pot bunga serta dari divisi Teknologi Informasi, berupa aplikasi berbasis web khususnya pengelolaan database”, tambah beliau.

Ketertarikan Kang Bupati terhadap hasil produk UPJ kami, dibuktikan dengan berkenannya beliau membeli batik tulis bermotif dan berwarna khas Ponorogo. Selain itu, beliau memberikan tantangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan jalan berkolaborasi dengan SMK lain”, jelas beliau.

Apresiasi dan tantangan serupa juga diberikan oleh Edy Suprianto, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, setelah melihat meubeler meja-kursi produk UPJ SMK Wahid Hasyim Ponorogo.

Meja-kursi belajar produk UPJ SMK Wahid Hasyim Ponorogo, sudah cukup bagus, tinggal diperhalus finishingnya dan dilegalkan dengan membentuk badan usaha berbadan hukum, serta dibikinkan katalog produk. Kalau memang memenuhi spesifikasi teknik dan legalitas formal, Kami siap membantu pemasarannya”, tegasnya.


Tidak ketinggalan, selain produk-produk UPJ, SMK Wahid Hasyim Ponorogo juga menampilkan unjuk kerja kompetensi siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang bertajuk “SERVIS GRATIS SEPEDA MOTOR”.

Melebihi espektasi kami, ternyata antusiasme pengunjung  untuk menserviskan sepeda motor sangat tinggi. Semua dikerjakan dan ditangani oleh siswa. Memang siswa kami dibekali dengan kompentensi yang kami jamin mumpuni di bidang reparasi ringan sepeda motor”, jelas Khoirul Mashuri, S,Pd, guru praktik

“Saya mohon maaf kepada pengunjung yang belum bisa kami layani servis, karena terbatasnya waktu. Insyaallah kami akan mengadakan servis gratis berkala untuk masyarakat umum, sebagai salah satu wujud program pengabdian masyarakat SMKWahid Hasyim Ponorogo”, pungkasnya. (ihs)